Connect with us

Motivasi

Ta’aruf Is Subhanaallah

Published

  on

taaruf is subhanallah

Fahmi al-anuari namanya, sosok lelaki yang saat itu membuat hatiku terguncang tak karuan, bukan hanya rupanya yang tampan dan rupawan tapi juga tutur kata serta tatapan mata yang sopan nan lembut mengelus hati dan sanubari.

“Subhanallah ciptaanmu sangatlah adem ya allah, andai dia jadi jodohku akan aku buat hidupnya begitu bahagia”

Ucap serta lirih menggoda dalam hati, ku duduk sejenak menghampiri pohon kelapa kecil yang tumbuh kokoh di tepian taman depan mushola kampus, yah karena di sanalah tempat aku berteduh untuk memperhatikan banyak orang yang lalang melintang di hadapanku, tak lama aku memperhatikan seorang gadis yang tak kalah memuatku mengucap subhanaallah, seorang gadis yang apabila dia tundukan matanya seraya terdengar gemericik air yang membuat suasana begitu damai, dalam lirikan matanya terlintas terlihat pelangi yang hadir setelah badai, sangat indah menggoda mata, dan saat dia tersenyum seolah membuat diriku sadar bahwa ciptaan allah sangatlah indah dan indah (entahlah guys aku ini menyukainya atau mengaguminya heee).

Aku seorang perempuan yang saat ini masih mencari jejek kehidupan, seorang perempuan yang banyak ingin tau tentang kehidupan apalagi kehidupan zaman sekarang yang mulai gak karuan, gimana gak karuan coba, zamannya aku SD gak ada yang namanya istilah kata GALAU, BAPER, KEPO,  dan banyak lagi lainnya dan yang lagi buming sekarang di kalangan remaja khususnya yang beragama islam ada istilah kata TA’ARUF yang aku sendiri pun blom paham apa sih itu ta’aruf, jenis prilaku seperti apa sih ta’aruf yang katanya banyak manfaatnya buat para lelaki dan wanita untuk menghindari pacaran.

What pacaran ? aku sendiripun masih merasa ngeri dan kayaknya enggan untuk mendekati perilaku itu karena setelah aku amati dan aku analisis kayaknya pacaran itu racun kehidupan deh, racun yang bisa membawa kamu, kamu dan kamu masuk rumah sakit upsss salah maksudnya masuk kelubang neraka yang di dalamnya katanya begitu panas dan sangat mengerikan, itu katanya sih aku belum pernah coba jadi blom pasti juga, ada yang mau nyoba duluan tar kalau udah ngerasain kasih tau aku biar lebih real heeee. Lain halnya dengan perilaku Ta’aruf yang katanya pacarannya abis nikah mmmm jadi tambah kepo aku, kalian kepo juga kan ? heeee

Ta’aruf ! mendengar kata taaruf identik dengan kata pacaran yang membuat aku bingung dan penasaran yah kalau zamannya sekarang bisa di bilang KEPO heee, gimana gak kepo dalam islam kita tidak diajarkan untuk pacaran, dan emang gak ada dalam al-quran maupun dalam hadis anjuran kita untuk pacaran, justru yang ada itu jauhi yang namanya pacaran karena pacaran merupakan salah satu prilaku MAKSIAT, iya maksiat yang mengharuskan kita menjaga dan menghindari diri dari kata itu,  “jaga hati, jaga mata dan jaga telinga” ketiga organ tubuh itulah yang berada dalam salah satu hadis yang menyarankan kita untuk menjaga hati, knapa hati karna hati merupakan sumber cerminan untuk kita, gimana kondis ihati kita begitu juga kondisi diri kita, contoh kalau hati lagi GALAU atau lagi BAPER secara otomatis sikap galau itu akan terlihat dalam sikap dan prilaku kita dan mencerminkan kondisi kita pada saat itu, siapa tau kita lagi BAPER sama orang, tiba-tiba ada yang bilang ( ekkh luh, muka udah jelek pake di jelek-jelekin lagi ) candaan seorang teman misalnya yang sedang melihat dirikita BAPER, nah yang ada bukan baik tapi malah tambah BAPER dan alhasil kita yang baper ini gak terima dan akhirnya terjadilah prselisihan (maen duprak-duprakan maksudnya ) heee, nah itulah kenapa kita disarankan untuk senantiasa menjaga hati, oy satu lagi hati-hati juga dengan hati, sesuai yang udah saya singgung di atas bahwa hati itu adalah cerminannya kita jadi jaga hatimu jangan sampai membiarkannya keruh karna sering kamu isi dengan hal-hal yang gak guna. Ok, lanjut kedua ada mata, dimana mata merupakan organ yang paling berperan penting dalam kondisi dan situasi hati kita, karena apa yang kita lihat itu bisa merubah kondisi hati dan fikiran kita mmmm contohnya kalau kita liat orang yang lagi jatuh cinta, matanya berbinar seolah jernihnya embun pagi berpindah kematanya… asikk dah, terus contoh lainnya ketika kita hendak menilai seseorang pasti kesan pertamanya yah ketika kita pertama kali melihatnya itulah yang menjadi anggapan dibenak kita, dia baiklah, jahatlah, rapihlah, tampan, pinter dan segalanya kita bisa menilainya dengan hanya sekali (yahhh kalau emang mau cukup sekedar kenal aja heee) itulah kenapa mata berperan sangat penting bagi keimanan kita dan yang terakhir adalah telinga, dari tiga aspek di atas disinilah kadang syaeton lebih sering merasuki tubuh kita dan mengacak-acak fikiran dan menggoyahkan isi dalam hati, jika tadi mata bisa melihat langsung dan menilai secara langsung, berbeda jauh dengan telinga makannya jaga telinganya biar gak kemasukan hal-hal yang bisa membuat kamu, kamu dan kamu selalu berprasangka burung terhadap oranglain apa lagi terhadap Allah SWT, gimana gak selalu berprasangka kalau setiap hari gosipin orang mulu, parahnya lagi udah tau gosip masih aja di lanjutin haaa emang udah jamannya KEPO melanda anak muda, lohhhh kok belok ini mmmm balik lagi masalah pendengaran atau telinga kita, ketika kita mendengar oranglain berpendapat yah bisa di bilang berasumsi tentang seseorang yang bahkan kadang kita gak kenal, yah paling tau doang sama orangnya tapi entah kenapa rasanya pengentau aja heee hati-hati mungkin syaeton yang sedang membisiki kamu… ikhhh serem, orang berasumsi si A gini lah, gitulah dan segala macemnya tapi bahkan kita gak tau dia gimana orangnya, kesehariannya gimana, temennya siapa aja , sahabatnya siapa, orangtuanya gimana dan segalanya yang kita gak tau, tapi masih aja berasumsi tentang si A begini begitu, mending kalau asumsinya baik inimah gimanasih kalau ibu-ibu rumpi lagi pada gosip huhhhh riuk piuh kayak lagi nonton film horor, pas lagi adegan takut-takutnya hening ekhhh pas si syaetonnya muncul pada rame, ada yang jeritlah ada yang teriak ada yang baca-baca tapi entah apa yang dibaca, ada yang tutup mata tapi dia gak sadar telinganya gak di tutup ! heee, gimana,  sama gak sensasi ngegosipnya kayak sensasi nonton film horor ? kalau sama hati-hati dibelakang kamu ada……. serem! haaaa, bahayanya lagi ketika kita mudah mendengar gosip dari orang lain, kita akan beranggapan apa yang di bilang orang lain diluar sana benar adanya tanpa mencari tahu dulu kebenarannya, nahloh kemungkinan imanmu rendah jadi kamu gampang lemah dengan bisikan syaeton, itulah tigahal yang kita harus jaga, jangan sampai keimanan kita mudah di runtuhkan apalagi sama gosip yang datangnya dari syaeton. Nah begitupun dengan ta’aruf yang kadang pemahamannya disalah artikan, masa ada yang namanya ta’aruf pacaran, bukannya pacarannya setelah nikah yah ?

Suatu ketika aku bertanya pada beberapa teman perempuan, iseng aja sih nanya pendapatnya tentang ta’aruf  dan jawabannya membuat aku tersenyum sendiri melihat exspresi mereka menjelaskan tentang ta’arup yang menurut mereka baik.  “ta’aruf itu pacaran tapi punya komitmen, pacarannya yang islami gak ketemu, tapi telfonan, waan, BBMan, Twetteran, fban, dan segala macemnya cukup seperlunya” adalagi yang bilang ta’aruf itu “pacaran yang gak boleh ketemu” ada juga “ pacrannya di media sosial” dan mungkin banyak lagi pendapat dari yang lainnya, tapi entah aku malah merasa tambah bingung tentang pendapat mereka mmmm kan aku nanya mereka buat ngasih aku penjelasan tentang ta’arup ekhh malah di kasih PR lagi, jadi kan aku mulai KEPO lagi sama pendapat mereka yang menjadi pertanyaan dalam benaku

“Apasih pacaran tapi punya komitmen ?”

“Pacarannya yang islami itu kayak giman ?”

“Pacaran yang gak boleh ketemu itu giman ?”

Dan satu lagi “dosa gak kalau pacarannya lewat sosial media ?”

Mmmm itu guys yang membuat aku tambah bingung dengan kata ta’aruf, wahhh kayaknya aku harus nanya sama pak ustad kalau gak nyari ustadzah buat nanya masalah ini haaa, tapi sebelum aku nyari ustadzah buat nanya masalah di atas aku mau tanya sama kalian, tau artis cantik berhijab Oki Setiana Dewi seorang artis yang begitu anggun dengan hijab yang menutupi dada, dan dia juga merupakan artis yang banyak menginspirasi banyak orang dan banyak artis juga yang sekarang berhijab ingin seperti dia, subhanaallah banget gak ?

Sedikit KEPO tentang taarufnya dia sama yang sekarang jadi suaminya siapa ya namanya aku lupa, kamu ada yang tau gak ? ayooo tau gak ? daripada kepo kita tanya aja yuuk ke embah google heee

Tuhan punya skenario terbaik untuk Oki. Menjalani proses taaruf dengan laki-laki bernama Ory Vitrio De Janeiro sejak akhir September 2013, Oki berencana naik pelaminan pada 12 Januari 2014. Detail persiapan pernikahan sebulan jelang pernikahan sudah hampir rampung.

Keinginan menikah mencuat di usia 20 tahun, semakin kuat sekaligus menambah kecemasan tersendiri ketika melihat teman-temannya sudah menikah dan bahkan punya anak. “Kenapa, kok aku belum menikah? Kenapa jodohku susah sekali? Teman-teman sudah banyak yang menikah dan punya anak, kapan giliranku, ya? Tiap malam aku berdoa, menangis, dan bertanya kepada Allah, siapa jodohku, ya Allah? Aku wanita yang ingin menikah, merasa siap lahir batin, tapi kenapa belum dikasih jodoh?” dalam keheningan Oki berkali-kali mencurahkan isi hatinya kepada Sang Khalik.

Oki tidak hanya cantik secara fisik tetapi juga baik hati. Bohong bila tidak ada laki-laki yang tidak tertarik. Menurut Oki, “Memang ada beberapa laki-laki yang coba melamarku. Tapi papaku selalu menolak, menolak, dan menolak dengan bermacam alasan. Aku sampai berpikir, Papa maunya aku menikah di usia berapa, sih? Laki-laki seperti apa, sih yang Papa cari buatku?”

Orang tua, terutama papanya, Sulyanto, diakui Oki sangat selektif memilihkan pasangan hidup buatnya. Menikah bukan urusan sehari dua hari, tapi seumur hidup. “Papa adalah sensor pertama. Kalau Papa oke, aku akan coba jalani. Tapi kalau Papa enggak oke, ya enggak jalani. Beliau, karena sangat mencintaiku dan karena aku anak perempuan pertama, ingin memilih laki-laki terbaik untukku,” kata Oki.

Tuhan menjawab doa dan permintaan Oki lewat cara yang tak terduga. Saat disibukkan dengan berbagai kegiatan, termasuk syuting sinetron Anak-Anak Manusia (AAM), akhir September lalu ia dikejutkan dengan kehadiran laki-laki yang akrab disapa Rio. Laki-laki yang berprofesi pengusaha restoran yang dikenal dekat dengan Dude Harlino dan Teuku Wisnu itu datang dan mengutarakan niatnya kepada Sulyanto untuk menikahi Oki.

“Dia memperkenalkan diri kepada papaku kemudian menyatakan niatnya untuk menikahiku. Yang bikin aku terkejut, Papa langsung mengatakan, ‘Saya sih oke-oke saja.’ Padahal sebelumnya Papa enggak pernah ngomong begitu. Papa melihat laki-laki ini sangat santun dan sekufu (sejalan) denganku. Walau oke, Papa menyarankan kami untuk saling kenal dulu. Di Islam, disebut taaruf. Pada akhir September, karena Papa sudah memberi lampu hijau, aku akhirnya mencoba untuk membuka diri,” ungkap bintang Ketika Cinta Bertasbih.

Dalam taaruf mereka saling memperkenalkan keadaan masing-masing. Bila cocok bisa dilanjutkan ke proses lamaran dan bila tidak proses akan dihentikan. “Prosesnya berjalan begitu cepat. Pertengahan November aku dilamar. Beliau (Rio) langsung datang ke Batam untuk melamar dan langsung diterima oleh Papa dan keluarga besarku,” cerita Oki mengenai proses lamaran yang bertempat di kampung halamannya.

Dalam lamaran itu, kedua pihak keluarga menyepakati waktu pernikahan. Akad nikah dilangsungkan 12 Januari 2014 di Gedung ESQ Menara 165 di kawasan TB Simatupang, Jakarta Selatan, malam harinya digelar resepsi di tempat yang sama.

“Insya Allah menikah 12 Januari, bertepatan dengan hari pernikahan Rasulullah dan Siti Khadijah. Kenapa menikah di Menara 165? Pertama, di atas menara ada tulisan Allah. Kedua, kami berharap dengan adanya tulisan Allah, pernikahan kami diberkahi. Amin,” perempuan kelahiran Batam, 13 Januari 1989, ini mengamini harapannya.

Oki sampai sekarang masih merasa takjub dengan skenario Tuhan yang datangnya tak terduga. “Ini mungkin hikmah papaku menolak beberapa laki-laki yang selama ini mencoba melamarku. Aku takjub sekali dengan skenario Allah,” katanya bersyukur. SUMBER: www.tabloidbintang.com

Nah udah taukan gimana subhanaallahnya Oki yang taaruf sama Rio, pada mau gak kayak gitu, kalau mau ilangin deh pendapat dan fikiran untuk pacarana apalagi kalau berfikiran taarup itu pacaran tapi ada komitmen, komitmen apa coba yang bisa di pegang dalam pacaran, yang ada kata komitmen itu bisa bawa kita terlena, jadi hati-hati yah. Nah untuk yang berpendapat kalau taaruf itu merupakan pacaran yang islami omong kosong untuk hal itu dan gak ada pacaran yang islami dalam islam, yang ada pacarn islami itu ketika kamu, kamu, dan kamu udah saah sebagai suami dan istri, udah halal dalam segalanya baru bisa di bilang pacaran yang islami, disinilah pacran yang diridhoi oleh Allah,  gak bakalan membuat kamu masuk neraka malah pacarannya bakalan mendekatkan kamu ke surganya dia, karna berbagi kasih sayang setelah sah menikah merupakan ibadah kepada Allah, ingetyah pacarannya kalau udah nikah, udah halal dan udah saah, bukan pacaran yang gak ketemu lantas di bilang pacaran yang islami heee…

Satu lagi pacaran yang lewat sosial media itu jelas gak boleh, karena jelas masih mengundang jinah dan otomatis dosa, kan udah dibilang jaga hati, jaga mata dan jaga telinganya, untuk poin yang ketiga dijaga, bukan lantas tertutup hijab sudah di bilang terjaga telinganya yah, kalau ada bunyi dari telfon yang masuk ke telingamu bilang sayang dan segala macemnya dari lelaki yang belum jadi mahrommu  hati-hati juga mungkin syaeton sedang membujuk kamu untuk melakukan zinah, jadi jelas yah tentang taaruf, jalankan seperti syariat dalam agama islam jangan ikutan trend, mentang-mentang lagi zamannya taaruf lantas ikutan taarufan yang gak bener lagi.

Jodoh, rizki, dan takdir hanya allah yang tau, iya allah yang tau kita sebagai manusia hanya bisa bermimpi dan berencana dalam mewujudkan mimpi itu, tapi jangan takut untuk bermimpi selagi mimpi itu diiringi dengan doa dan ikhtiar sebaik mungkin, masalah mimpi itu akan terwujud atau enggak urusannya nanti sama allah yang terpenting gimana doa dan keikhlasan kita dalam berusaha, karna janji Allah itu pasti, pasti untuk orang yang selalu berpatri dijalnnya Allah.

Jaga usia mudamu dan isi dengan segala hal yang baik utukmu dan untuk orang-orang yang kamu sayangi, lihatlah ibumu, ayahmu, dan seluruh keluarga, teman dan guru-gurumu, buatlah mereka bangga atas masa mudamu.

“Terus gimana kalau aku sayang sama dia?”

Jawabannya, cukup doakan dia, dekati pemilik hatinya dan jaga rasa itu hanya untuknya, ungkapkan pada Allah apa yang kamu rasakan karena dialah sang pemilik hati dan pembolak balik hati, jika cintamu tulus insyaallah kamu akan di pertemukan dengannya kelak. sekarang perbaikidirimu dalam menanti jodohmu, jangan mudah terbawa dan terhasut oleh hal yang bisa membawamu kedalam kerusakan, ingat “lelaki yang baik hanya untuk perempuan yang baik, dan perempuan yang baik hanya untuk lelaki yang baik pula” itulah janji Allah yang ditulisakan dalam hadisnya, jadi perbaiki diri kita sebaik mungkin dengan begitu insyaallah jodoh kitapun akan baik dihadapan Allah.

Aku yang sekarang terpatri duduk merenungi cintaku, hanya bisa menceritakan apa yang aku rasakan pada Allah sang pemilik hati, yahhh jika memang fahmi jodohku maka pertemukanlah kami dalam jalan yang halal dan indah, tapi kalau gak jodoh temannya yang bernama Ridho ganteng juga ya Allah upssss haaa.

Continue Reading
Advertisement
Comments
Advertisement

Artikel Terbaru

tata cara taubat nasuha tata cara taubat nasuha
Muslimah1 month ago

Tata Cara Sholat Taubat

Tata Cara Mengerjakan Sholat Taubat Nasuha – Taubat adalah suatu perbuatan kembali taat kepada Allah Swt. setelah melakukan dosa kecil...

sabar sabar
Kajian1 month ago

Sabar oleh Ust. Hanan Attaki Lc

Sabar oleh Ust. Hanan Attaki Lc – Manusia sabar adalah orang yang sering mengalami ujian dan bisa melewati ujian-ujian tersebut...

jadwalpuasaayyamulbidh2019 jadwalpuasaayyamulbidh2019
Puasa1 month ago

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh 2019

Rasullullah sangat menganjurkan kepada umatnya untuk menyempatkan puasa 3 hari setiap bulannya. Oleh karena itu sebagai pengingat berikut Jadwal Puasa...

mulutmu harimaumu mulutmu harimaumu
Kajian2 months ago

4 Ciri Manusia dari Perkataannya

Pada Kajian Tauhid tanggal 14 Oktober 2018 dalam materi yang disampaikan AaGym, terdapat sesuatu yang menarik yaitu tentang 4 Ciri...

ciri ciri muslim optimis ciri ciri muslim optimis
Materi Tarbiyah4 months ago

Ciri-ciri Muslim Muslimah Optimis

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Optimis adalah memandang segala sesuatu dengan pengharapan yang baik. Berkaitan dengan optimis, kita bisa...

silabus materi tarbiyah silabus materi tarbiyah
Materi Tarbiyah4 months ago

Silabus Materi Tarbiyah

Silabus merupakan rencana pembelajaran yang ditujukan untuk suatu kelompok tertentu dengan tema yang sudah ditetapkan. Didalam silabus berisi cakupan standar...

Materi Tarbiyah4 months ago

Pengertian Tarbiyah

Materi Tarbiyah4 months ago

Silabus dan Materi Tarbiyah Lengkap

Tarbiyah membantu setiap muslim agar tetap di jalan Allah. Menjadikan setiap manusia untuk me re-charge kembali iman nya. Pun mempererat tali...

Alquran Sumber Kebahagiaan Alquran Sumber Kebahagiaan
Alqur'an & Hadist4 months ago

Alquran itu Sumber Kebahagiaan

Alquran adalah sumber hidayah, penyembuhan jiwa, pengingat, rahmat dan pembeda antara kebenaran dan kebatilan. Dia adalah sumber mata air kebahagiaan...

hijrah hijrah
Lainnya4 months ago

Hijrah

Hijrah disini yang akan dibahas adalah mengenai fenomena yang terjadi di muslim Indonesia khususnya. Banyak saudara-saudara kita baik non maupun...

loading...