Connect with us

Motivasi

Bahagia itu Sederhana

Published

  on

bahagia itu sederhana
Foto : Providence Doucet

Sahabat HMJ tau donk yang namanya bahagia. Tentu saja , setiap orang mencari-cari kata tersebut didalam hidupnya. Tapi kalian tahu tidak sih arti bahagia itu?

Ada yang bilang bahagia itu punya uang banyak atau bahagia itu punya teman banyak atau bahagia itu sederhana ketika kita bisa hidup bebas tanpa kemana saja kita suka.

Kebahagiaan mempunyai makna berbeda untuk setiap orang, akan tetapi pernah tidak kamu mengalami hal seperti ini, di saat kamu bayangkan sesuatu yang akan membuatmu bahagia ketika kamu telah meraihnya kamu merasa hampa.

Kenapa bisa demikian? Padahal hal tersebut yang kita inginkan. Sebanyak apapun harta yang kita punya jika dihati tidak pernah dipupuk rasa syukur pastilah harta tersebut tidak akan membuat kita bahagia.

Bahkan ada banyak orang yang sangat menginginkan kebahagiaan sampai menghancurkan hidupnya, seperti mabuk-mabukan, free sex, Narkoba dan segala macam kemaksiatan akan tetapi tidak juga menemukan kebahagiaan.

“Sejatinya kebahagiaan adalah setiap detik dari hidup yang kita rasakan dan syukuri”.

Hal apapun yang kita inginkan dan dambakan tidak akan pernah mengisi hati kita dengan kebahagian tanpa adanya rasa syukur.

Rasullullah Saw, bersabda,

“Pada Hari Kiamat nanti akan didatangkan seorang penduduk dunia yang paling banyak mendapatkan kenikmatan, namun dia termasuk penduduk neraka. Lalu dia dimasukkan sebentar di dalam api neraka, kemudian ditanya, ‘Hai anak adam,Pernakah engkau melihat kebaikan ? Pernahkah engkau mendapatkan kenikmatan?’ Maka dia menjawab, ‘Tidak, demi Allah, wahai Rabb-ku.’”

Selanjutnya, akan didatangkan seorang yang paling sengsara didunia, namun dia termasuk penduduk surga.

Lalu dia dimasukkan sebentar ke dalam surga, kemudian ditanya,

‘Hai Anak Adam, pernahkah engkau melihat kesengsaraan?Pernahkan engkau menderita kesusahan’ Maka dia menjawab, ‘Tidak, demi Allah, wahai Rabb-ku, Aku tidak pernah mendapatkan kesengsaraan sama sekali, dan aku tidak pernah melihat kesusahan sama sekali’”(HR Muslim).

Dari Hadits diatas dapat disimpulkan bahwa sebanyak apapun nikmat yang kita dapatkan tidak dapat kita rasakan ketika hati tidak bersyukur dan sebanyak apapun kesengsaraan yang kita terima jika kita pandai bersyukur pastilah kesengsaraan itu akan tertutupi dengan nikmat yang kita syukuri.

Tanpa rasa syukur hidup hanya dipenuhi oleh kekurangan.

Apa sih Syukur ? dan bagaimana hati kita dapat dipenuhi rasa syukur?

Menurut kamus Al-Mu’jam Al-Wasith,

Syukur adalah mengakui adanya kenikmatan dan menampakkannya, serta memuji (atas) pemberian nikmat tersebut. Sedangkan, makna syukur secara syar’i adalah menggunakan nikmat Allah Swt. Untuk dibelanjakan ke hal-hal yang diridhai dan dicintai-Nya.

Bentuk syukur kepada Allah Swt. Bukan hanya dengan mengucapkan (Alhamdulillah), tetapi juga tetap melaksanakan perintah-Nya, juga mengelola dan mengaktualisasikan apa yang dianugerahkan-Nya.

Hati akan dipenuhi rasa syukur jika kita dekat dengan Allah Swt karena dengan dekat dengan-Nya lah kita dapat merasakan seluruh nikmat yang diberikan oleh-Nya, dan dengan-Nya kita akan mendapatkan kabahagiaan haqiqi, namun jika kita jauh dari-Nya hanya kebahagiaan sesaatlah yang kita dapat, seperti yang disebutkan dalam surah Al-Hadid ayat 20 yang artinya:

Ketahuilah, sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan senda gurau, perhiasan dan saling berbangga diantara kamu serta berlomba dalam kekayaan dan anak keturunan, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian (tanaman) itu menjdai kering dan kamu lihat warnanya kuning, kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu. (QS Al-Hadid [57]:20)

Kebahagiaan dapat diperoleh dengan cara bermaksiat dengan Allah Swt ataupun dengan cara beribadah kepada Allah Swt, akan tetapi kebahagiaan dengan cara bermaksiat akan hanya membawa kita pada kebahagiaan sesaat dan membuat hati menjadi mati, mencari kebahagiaan dengan ridha Allah Swt-lah yang akan mengisi hati kita dengan kebahagiaan sejati bukan hanya di dunia tapi juga di akhirat.

 

(Sumber Dear Allah terima kasih untukmu, salam)

Continue Reading
Advertisement
Comments
Advertisement

Artikel Terbaru

tata cara taubat nasuha tata cara taubat nasuha
Muslimah1 month ago

Tata Cara Sholat Taubat

Tata Cara Mengerjakan Sholat Taubat Nasuha – Taubat adalah suatu perbuatan kembali taat kepada Allah Swt. setelah melakukan dosa kecil...

sabar sabar
Kajian1 month ago

Sabar oleh Ust. Hanan Attaki Lc

Sabar oleh Ust. Hanan Attaki Lc – Manusia sabar adalah orang yang sering mengalami ujian dan bisa melewati ujian-ujian tersebut...

jadwalpuasaayyamulbidh2019 jadwalpuasaayyamulbidh2019
Puasa1 month ago

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh 2019

Rasullullah sangat menganjurkan kepada umatnya untuk menyempatkan puasa 3 hari setiap bulannya. Oleh karena itu sebagai pengingat berikut Jadwal Puasa...

mulutmu harimaumu mulutmu harimaumu
Kajian2 months ago

4 Ciri Manusia dari Perkataannya

Pada Kajian Tauhid tanggal 14 Oktober 2018 dalam materi yang disampaikan AaGym, terdapat sesuatu yang menarik yaitu tentang 4 Ciri...

ciri ciri muslim optimis ciri ciri muslim optimis
Materi Tarbiyah4 months ago

Ciri-ciri Muslim Muslimah Optimis

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Optimis adalah memandang segala sesuatu dengan pengharapan yang baik. Berkaitan dengan optimis, kita bisa...

silabus materi tarbiyah silabus materi tarbiyah
Materi Tarbiyah4 months ago

Silabus Materi Tarbiyah

Silabus merupakan rencana pembelajaran yang ditujukan untuk suatu kelompok tertentu dengan tema yang sudah ditetapkan. Didalam silabus berisi cakupan standar...

Materi Tarbiyah4 months ago

Pengertian Tarbiyah

Materi Tarbiyah4 months ago

Silabus dan Materi Tarbiyah Lengkap

Tarbiyah membantu setiap muslim agar tetap di jalan Allah. Menjadikan setiap manusia untuk me re-charge kembali iman nya. Pun mempererat tali...

Alquran Sumber Kebahagiaan Alquran Sumber Kebahagiaan
Alqur'an & Hadist4 months ago

Alquran itu Sumber Kebahagiaan

Alquran adalah sumber hidayah, penyembuhan jiwa, pengingat, rahmat dan pembeda antara kebenaran dan kebatilan. Dia adalah sumber mata air kebahagiaan...

hijrah hijrah
Lainnya4 months ago

Hijrah

Hijrah disini yang akan dibahas adalah mengenai fenomena yang terjadi di muslim Indonesia khususnya. Banyak saudara-saudara kita baik non maupun...

loading...